Setiap Hari, 150 Truk Langgar Ketentuan Tonase di Sleman

0
203
ilustrasi jembatan timbang (harapanrakyat.com)
ilustrasi jembatan timbang (harapanrakyat.com)

Sleman – (suaracargo.com)

Pelanggaran tonase truk bermuatan, yang terpantau di jembatan timbang Kalitirto yang terletak di daerah Berbah, kecamatan Sleman ternyata masih terbilang tinggi.

Menurut Kepala Seksi Pengendalian Angkutan Barang di jembatan timbang Kalitirto, Sigit Saryanto, paling tidak setiap harinya ada 150 unit truk yang melanggar ketentuan tonase.

“Masih cukup banyak, ini yang ketahuan. Belum yang tidak ketahuan,” ungkapnya, Selasa (16/12/2014), sebagaimana dilansir jogja.tribunnews.com.

Ia juga tak memungkiri bahwa banyak sopir yang mencari cara untuk menghindar dari jembatan timbang. Misalnya, menempuh jalur-jalur sempit. Atau para sopir juga kerap kali menempuh perjalanan pada jam-jam tertentu dengan harapan lolos dari pantauan.

Padahal, menurut ketentuan yang berlaku, hal ini jelas merupakan pelanggaran serius.

Nahasnya, petugas di jembatan timbang sulit melakukan tindakan pengejaran jika ada truk yang nekat meloloskan diri. Lantaran hal itu, menurut Sigit, sudah menjadi kewenangan pihak kepolisian.

“Ya kita bisa berkordinasi dengan polisi untuk menghentikan truk itu,” ucapnya.

Walaupun demikian, tidak semua truk bermuatan wajib masuk ke jembatan timbang. Truk yang tidak wajib masuk jembatan timbang antara lain, truk tangki bermuatan BBM dan truk peti kemas tempelan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY