Setker Usulkan Jalan Menuju Pelabuhan Ippi Jadi Jalan Nasional

0
454
Pelabuhan Ende (portal.endekab.go.id)
Pelabuhan Ende (portal.endekab.go.id)

Ende – (suaracargo.com)

Jalur jalan menuju ke Pelabuhan Ippi dari Kota Ende diusulkan menjadi jalan nasional oleh Satker Pembangunan Jalan Nasional Wilayah IV NTT. Usulan perubahan status itu disampaikan mengingat jalan tersebut merupakan akses utama ke pelabuhan.

PPK Ende-Wolowaru, Saut Siahaan, memberi penjelasan tentang usul tersebut kepada Pos Kupang di Ende, Jumat (19/12/2014). Saut menjelaskan bahwa usul perubahan status jalan itu sebenarnya sudah dilakukan tiga tahun sebelumnya. Namun, saat itu usul tersebut belum dijawab pemerintah pusat. Oleh karena itu, tahun ini pihaknya kembali mengusulkan hal yang sama. “Diharapkan kali ini terjawab sehingga kondisi jalan itu akan semakin baik,” kata Saut.

Saut juga menyatakan, sampai saat ini jalan menuju ke Pelabuhan Ippi masih menjadi tangungjawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende dengan sentuhan dana dari APBD. “Ada beberapa alasan status jalan kabupaten maupun provinsi bisa menjadi jalan nasional apabila jalan yang ada merupakan akses menuju ke pelabuhan maupun pariwisata serta akses utama ekonomi,” ujarnya.

Selain mengusulkan jalan menuju ke Pelabuhan Ippi menjadi jalan nasional, kata Saut Siahaan, pihaknya juga mengusulkan agar jalur jalan menuju ke kawasan Danau Kelimutu serta jalan di pantai utara (Pantura) Ende menjadi jalan nasional. “Kalau jalan menuju ke kawasan Danau Kelimutu merupakan askes wisata sedangkan jalan di pantai utara merupakan kawasan utama ekonomi,”kata Saut.

“Apa yang kami lakukan saat ini baru sebatas usulan setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Ende diharapkan apa yang diusulkan tersebut dapat diterima oleh pemerintah pusat,” tambah Saut.

Secara terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Ende, Frans Lewang mengakui bahwa pihaknya memang telah berkoordinasi dengan Satker Pekerjaan Jalan Nasional Wilayah IV NTT. Kedua lembaga itu mengusulkan perubahan status jalan menuju kawasan Ippi menjadi jalan nasional.

Berdasarkan pantauan Pos Kupang, saat ini kondisi jalan menuju ke kawasan Ippi sangat memrihatinkan. Banyak terdapat lubang dengan berbagai ukuran di jalan itu. Bahkan, apabila hujan turun, beberapa titik di jalan tersebut berubah jadi danau kecil karena digenangi air.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here