Siap Jadi One Stop Shop Preferred Terminal Terbaik, PT TPS Investasikan USD 50 Juta

0
441
ilustrasi pelabuhan (tps.co.id)
ilustrasi pelabuhan (tps.co.id)

Jakarta – (suaracargo.com)

Dengan semangat untuk tetap menjadi yang terbaik, di tahun 2015 ini PT. TPS melakukan investasi sebesar USD 50 juta. Sebanyak USD 35 juta dari anggaran itu akan digunakan untuk membeli 3 unit container crane, post panamax dan elektrifikasi container crane, sedangkan sisanya sebesar USD 15 juta diantaranya akan digunakan untuk program pengembangan terminal.

Penandatanganan Perjanjian dalam rangka investasi tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 16 April 2015 antara PT. TPS dan PT. PELINDO III serta antara PT. TPS dan para supplier alat berat. Disamping itu, 1 unit crane yang akan ditempatkan di dermaga domestic akan mulai beroperasi pada pertengahan Juni 2015. Tentu saja, penambahan ini akan menambah kapasitas layanan kepada perusahaan pelayaran nasional.

PT. Terminal Petikemas Surabaya (PT. TPS), perusahaan bergerak dibidang terminal petikemas pertama kali didirikan pada tahun 1992 dibawah naungan PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero). Dengan misi menjadi perusahaan berdaya saing dan berorientasi global, pada tahun 1999, PT. TPS berubah status menjadi perusahaan penanaman modal asing. Sejak tahun 2006, sebagian besar sahamnya dimiliki oleh PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) dan Dubai Port World.

Lokasi PT. TPS yang terletak di wilayah Pelabuhan Perak Surabaya sangat strategis. Terdapat kemudahan akses jalan tol serta angkutan petikemas dengan kereta api yang baru saja diresmikan berpadu harmonis dengan karakteristik dinamis kota Surabaya serta wilayah Jawa Timur dengan sumber daya luar biasa, baik manusia maupun alam.

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, rata-rata pertumbuhan ekonomi Surabaya lebih tinggi daripada rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2014 yang mencapai lebih dari 7% dibandingkan dengan 2013. Kelengkapan sarana dan prasarana serta sumber daya, baik tenaga kerja maupun alam yang sangat memadai, membuat kota Surabaya menjadi salah satu tolok ukur pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Berkapasitas maksimal 1.8 juta TEUs/tahun, arus peti kemas internasional di PT. TPS tahun 2014 meningkat 2% jika dibandingkan tahun 2013.
Tahun ini, arus peti kemas internasional mencapai 1.206.641 TEUs, sedangkan tahun lalu mencapai 1.177.530 TEUs. Meskipun arus peti kemas domestik terkoreksi 16% dari 188.087 TEUs di tahun 2013 menjadi 161.756 TEUs di tahun 2014, secara keseluruhan arus peti kemas di PT. TPS tumbuh sebesar 1 % dari 1.365.617 TEUs di tahun 2013 menjadi 1.368.397 TEUs di tahun 2014.

Semangat untuk selalu memberikan yang terbaik kepada para pengguna jasa membuat PT. TPS tak pernah berhenti melakukan perbaikan dan inovasi. Pengembangan sumberdaya manusia, penerapan sistem teknologi informasi yang memudahkan pelaksanaan dan pengawasan kegiatan serta kemudahan sistem pembayaran bekerjasama dengan perbankan adalah diantara program-program yang dilaksanakan guna mendukung pemberian layanan jasa prima kepada Pengguna Jasa.

Dalam bidang operasional, penggunaan alat-alat operasional terkini seperti translifter dan cassette memungkinkan optimalisasi penggunaan moda angkut didalam terminal karena menghilangkan waktu tunggu (idle) truk dalam proses pemeriksaan oleh petugas Bea dan Cukai sebagai rangkaian proses pengiriman petikemas. Pemeliharaan alat dan infrastruktur juga terus dilakukan termasuk pemeliharaan kedalaman kolam tambat.

Pengerukan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), yang pada tahap pertama akan memperdalam alur sampai dengan -13 mLWS dan lebar 150m, merupakan sinergi positif yang menempatkan PT. TPS sebagai terminal petikemas yang siap melayani kapal-kapal generasi terkini dengan kapasitas muat lebih besar. Menyambut datangnya kapal-kapal dengan kapa.sitas muat lebih besar, berbagai upaya terus dilakukan. Upaya tersebut diantaranya, membeli 6 unit Rubber Tyred Gantry (RTG) baru serta perluasan lapangan penumpukan di tahun 2014.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here