Strategi Pebisnis Online Raup Untung Saat Musim Liburan

0
128
ilustrasi pengiriman barang (shutterstock.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Musim liburan merupakan saat yang paling tepat untuk berbelanja karena pusat perbelanjaan dibanjiri diskon-diskon yang sangat menggiurkan. Kalau semua orang berbelanja di toko, bagaimana nasib pemilik toko online?

Sistem pemasaran di toko online pada dasarnya mirip dengan toko-toko offline. Hanya, wadah untuk memasarkan produknya berbeda. Beberapa toko online bahkan sering memberikan tawaran menarik untuk mendatangkan pengunjung.

Apabila Anda mempunyai toko online, inilah saat yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Lakukan tips di bawah ini untuk raup banyak untung saat musim liburan, yang dilansir dari situs berita okezone.com.

1. Tetapkan Strategi Pemasaran yang Lebih Rapi

Langkah pertama adalah menetapkan strategi pemasaran. Mulai dari mekanisme pemasaran, barang yang akan dipasarkan, hingga waktu yang tepat untuk memasarkan produk. Strategi pemasaran yang rapi akan memudahkan Anda untuk melayani pembelian yang mungkin dua kali lipat lebih besar saat musim liburan.

2. Memberikan Diskon

Toko online yang menyediakan diskon biasanya ramai dikunjungi konsumen. Wajar saja, harga barang yang hendak dibeli jauh lebih murah karena adanya diskon. Jenis-jenis diskon sangat beragam. Mulai dari diskon 10%, 20%, 30%, hingga 70%.

Takaran diskon sebaiknya didasarkan pada kualitas barang. Untuk barang-barang yang sudah lama, Anda bisa memberi diskon 50-70%. Sementara untuk barang yang masih baru, berikan diskon 10-20%. Varian diskon ini menarik minat pembeli, apalagi kalau barang yang Anda jual bagus dan berkualitas.

3. Memberikan Voucher Belanja

Selain diskon, Anda juga bisa memberikan voucher belanja gratis bagi pembeli yang beruntung. Nominal voucher sangat beranekaragam. Ada voucher belanja senilai Rp50.000, Rp100.000, dan seterusnya.

Pemberian metode bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, secara cuma-cuma bagi pembeli yang beruntung. Kedua, dengan memenuhi target pembelian minimum.

Voucher belanja sebaiknya digunakan untuk barang dengan harga normal saja agar toko online milik Anda tidak rugi.

4. Menawarkan Gratis Ongkos Kirim

Sebagian orang enggan belanja online karena terbebani dengan ongkos kirim yang mahal. Tawaran free shipping atau gratis biaya kirim bisa menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung. Anda bisa memberikan promo ini untuk meningkatkan penjualan pada musim liburan.

Namun, promo free shipping sebaiknya bersyarat. Artinya, pembeli yang dapat menikmati promo ini hanyalah pembeli yang memenuhi syarat pembelian minimum. Sementara pembeli yang belum memenuhi target tetap akan dikenakan ongkos kirim sesuai tarif yang ditetapkan kurir pengiriman barang.

5. Mengadakan Giveaway

Program giveaway menjadi salah satu strategi unik untuk memancing para pengunjung saat berbelanja. Sesuai dengan namanya, program ini merupakan program pemberian hadiah gratis bagi pengunjung lewat media sosial, misalnya Instagram.

Mekanisme giveaway juga sangat mudah. Hadiah akan diberikan langsung kepada pengunjung yang memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Setelah menemukan pengunjung yang beruntung, Anda dapat memberikan hadiah langsung.

Untuk menghilangkan kekecewaan patra pengunjung yang kurang beruntung, Anda bisa memberikan diskon khusus saat berbelanja lewat website. Dengan demikian, tingkat penjualan toko online akan otomatis meningkat.

6. Promosi Lewat Media Sosial

Strategi selanjutnya adalah dengan mengadakan promo lewat media sosial, misalnya Twitter, Facebook, ataupun Instagram. Bagikan info mengenai promo pada jam-jam yang memiliki traffic pengunjung tertinggi. Misalnya, pukul 12 siang saat jam istirahat.

Media sosial yang ada saat ini sudah terhubung antara yang satu dan yang lainnya. Manfaatkan hal ini untuk mendongkrak penjualan toko online saat musim liburan.

7. Meningkatkan Pelayanan

Di balik promo, giveaway, dan voucher belanja yang menggiurkan, jangan pernah lupa pada poin yang satu ini. Pelayanan wajib ditingkatkan apabila toko online ingin ramai dikunjungi.

Jika pelayanan sudah bagus, pertahankan pelayanan tersebut saat penjualan meningkat. Dengan demikian, feedback yang datang ke toko online tetap positif. Pengunjung juga akan kembali dengan sendirinya saat ia merasa puas pada pelayanan yang Anda berikan.

Persiapkan Diri Melayani Orderan pada Musim Liburan

Belanja pada musim liburan sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia, terutama menjelang hari perayaan tertentu. Agar target penjualan tercapai, lakukan strategi penjualan online di atas. Persiapkan diri sebaik mungkin untuk melayani orderan pembeli yang datangnya bertubi-tubi saat musim liburan nanti.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here