Struktur Bisnis Bandara-Bandara Kecil di Indonesia Tidak Sehat

0
247
Bandara RI Miliki Struktur Bisnis Tidak Sehat (Foto : Ilustrasi/Okezone)
Bandara RI Miliki Struktur Bisnis Tidak Sehat (Foto : Ilustrasi/Okezone)

Nusa Dua – (suaracargo.com)
Bandara di Indonesia yang masuk dalam kategori bandara kecil biasanya memiliki struktur bisnis tidak sehat sehingga harus segera dilakukan perbaikan. Yang dimaksud dengan bandara kecil atau small airports di Indonesia adalah bandara yang jumlah penumpangnya kurang dari lima juta orang pertahun.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Tommy Soetomo mengungkapkan, tren global dunia penerbangan di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah dalam waktu 10 tahun terakhir cenderung menunjukkan peningkatan trafik penumpang pesawat udara yang signifikan. Karena itu, Indonesia perlu meningkatkan fasilitas bandara khususnya pelayanan, level of service, riset atau penelitian.

Kebijakan ASEAN open skies pada 2015 dan global open skies pada tahun 2025 tentu akan mempengaruhi bandara khususnya di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah. Hal itu membuat bandara yang masuk ketegori kecil tertinggal jauh dengan bandara kelas dunia. “Bandara kecil itu biasanya memiliki struktur bisnis yang tidak sehat sehingga diperlukan perbaikan perbaikan,” kata dia, Selasa (21/10/2014), sebagaimana dilansir okezone.com.

Perbaikan yang dimaksud tidak hanya pada optimalisasi namun juga transformasi secara keseluruhan. Tommy melanjutkan, perkembangan ekonomi Asia Pasifik dan Timur Tengah yang kian menunjukkan tren positif merupakan tantangan tersendiri bagi bandara-bandara kecil.

Tantangan tersebut diantaranya adalah tantangan dalam pengembangan sisi finansial. Bandara-bandara kecil mau tidak mau harus memiliki daya saing dengan bandara-bandara besar dalam menghadapi kebijakan kebijakan penerbangan dunia.

Dalam kerangka itulah, Angkasa Pura 1 bersama Airports Council International (ACI) Asia Pasifik menyelenggarakan seminar ACI Small and Emerging Airports 2014 di Nusa Dua. Melalui kegiatan itu, merupakan kesempatan Indonesia sebagai persiapan memasuki ASEAN Single Aviation Market 2015.

 

 

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY