Tahun Ini, Pemkab Barru Ambil Alih Pengelolaan Pelabuhan Garongkong

0
106

Barru – (suaracargo.com)

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru akan mengambil alih pengelolaan pelabuhan Garongkong yang selama ini di bawah kendali Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Kadsihub) Barru, Andi Adnan Azis, surat pengambil alihan pengelolaan pelabuhan Garongkong yang telah dibawa sebelumnya telah disetujui oleh Kemenhub RI.

Penyerahan pengelolaan pelabuhan Garongkong, kata Andi Adnan, rencananya akan dilakukan di Jakarta.

“Dalam waktu dekat atau paling lambat setelah lebaran tahun ini Pemkab Barru akan menerima pengelolaan pelabuhan Garongkong dari Kemenhub RI di Jakarta,” kata Andi Adnan kepapada TribunBarru.com, ditemui di Kantornya Jl HM Saleh Lawa, Kecamatan Barru, Kamis (23/5/2018).

Andi Adnan menyebutkan, dengan diambilnya pelabuhan Garongkong tersebut, maka secara otomatis Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab akan bertambah.

“Jika selama ini hanya dikisaran Rp 147 juta per tahun PAD yang masuk di kas Pemkab Barru, maka dengan dikelolanya pelabuhan Garongkong otomatis PAD akan kita bertambah,” tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Barru Suardi Saleh, dalam sambutannya saat melakukan safari ramadan Tim Bakohumas Pemkab Barru di Masjid Agung Nurul Iman Barru, mengatakan bahwa pelabuhan Garongkong selama ini kurang berkontribusi ke Pemkab dan terkesan mubazir.

Hal itu karena pelabuhan Garongkong dikelola penuh pihak Kemenhub RI dan nilai kontribusinya pun ke pusat.

Selain itu, menurut Suardi, dikatakan mubazir karena pelabuhannya cukup besar, tapi hanya melayani satu kapal dari KM Awu -Awu.

“Jika yang melayani cuma satu kapal, tentu secara ekonomi kurang berkembang karena kurang ramai, berarti geliat ekonomi juga kecil,” katanya.

“Berbeda jika jumlah kapal bertambah empat hingga lima, akan semakin menambah jumlah pekerja dan semakin menghidupkan potensi ekonomi di area sekitar penyeberangan di pelabuhan Garongkong tersebut,” tuturnya.

Sekedar diketahui, KM Feri Awu-awu di pelabuhan Garongkon melayani jasa penyeberangan dengan rute yang ditempuh Barru – Batu Licin, Kalsel.\

Penulis: Akbar
Editor: M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here