Tak Ganggu Jaringan Pipa Minyak Pertamina, Pelabuhan Patimban Berpeluang Dijadikan Pelabuhan Internasional

0
184

Subang – (suaracargo.com)

Harapan Bupati Subang Ojang Sohandi agar pelabuhan di Patimban, Kecamatan Pusakanagara bisa dinaikkan statusnya menjadi pelabuhan tingkat internasional sepertinya memiliki peluang. Apalagi, di Pantai Kalapaan Patimban, yang kini sedang berlangsung pembangunan Dermaga ternyata “bersih” dari jaringan pipa pertamina. Ketiadaan pipa tersebut memungkinkan pelabuhan di sana dibangun tanpa kendala seperti yang dialami pada rencana Pembangunan Pelabuhan Cilamaya di Kabupaten Karawang.

Kepastian mengenai tak adanya jaringan pipa pertamina di pantai Patimban itu dikatakan Goverment & PR Assistan Manager Pertamina EP Asset 3, Dian Hapsari Firasati, Kamis (16/10/2014) saat ditemui di sela-sela acara Workshop Kesehatan Lingkungan di SMK Terpadu Bangun Persada Blanakan Kabupaten Subang. Dia mengatakan di pesisir pantai patimban Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang tak ada jaringan pipa pertamina. Sebab untuk wilayah Subang jaringan pipa pertamina adanya di daratan, jauh dari lokasi pantai.

Dengan demikian, pihaknya tak khawatir dengan berlangsungnya aktifitas pembangunan dermaga untuk sarana pendukung pelabuhan di Pantai Patimban. “Semua jaringan pipa milik Pertamina tertanam di sebelah selatan jalur Pantai Utara, tak ada jalur pipa laut yang melintasi Pantai Patimban,” katanya, sebagaimana dilansir pikiran-rakyat.com

Dian mengungkapkan dengan tak adanya jaringan pipa di laut Patimban, pihaknya tak perlu khawatir bila nantinya ada kemungkinan pemerintah menjadikan Patimban sebagai pelabuhan internasional penyangga Tanjung Priok. “Kalau mengenai pembangunan pelabuhan, diluar kewenangan kami, itu ada di Kementrian Perhubungan, tetapi untuk menentukan lokasinya tentunya akan ada kajian dulu, melibatkan beberapa kementrian seperti Kementerian Perhubung, ESDM, dan BUMN,” katanya.

Sebelumnya Bupati Subang, Ojang Sohandi berharap bila rencana pembangunan Pelabuhan Internasional di Cilamaya Kabupaten Karawang tak kunjung bisa direalisasikan, pihaknya berkeinginan bisa dialihkan ke Patimban Subang. Selain karena di Pantai Patimban sudah berlangsung pembuatan dermaga, juga banyak faktor lainnya yang mendukung. Malahan pihaknya siap mendukung penuh bila pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan menjadikan pantai Patimban sebagai pelabuhan tingkat Internasional. “Di pantai Patimban sekarang sedang dibangun dermaga pelabuhan kelas II,” kata Ojang.

Kemudian, pihaknya juga sudah mendapat informasi APBN perubahan tahun 2014, pemerintah pusat sudah menggelontorkan dana tambahan pembangunan dermaga itu sebesar Rp 50 miliar. Kemudian Pemkab Subang juga sudah dan sedang membuat akses jalan keluar masuk pelabuhan mulai dari bibir pantai Patimban hingga ke jalur utama Pantura sepanjang sekitar 10 kilometer dengan lebar 40 meter.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY