Tanggapan Dirut Citilink Atas Rencana Lions Group Kelola Bandara Halim Perdanakusuma

0
261
Arif Wibowo (indo-aviation.com)
Arif Wibowo (indo-aviation.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Lion Group melalui anak usahanya, PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS), berencana mengembangkan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur, yang saat ini dikelola oleh PT Angkasa Pura II. Lion Group bahkan telah menyiapkan dana pengembangan sebesar Rp 5 triliun.

Menanggapi rencana tersebut, Direktur Utama (Dirut) PT Citilink Indonesia Arif Wibowo akan menyerahkan sepenuhnya pertimbangan mengenai rencana Lions itu kepada pemerintah dan TNI Angkatan Udara. Hal ini, menurut Arif, sudah menyangkut kepentingan dan pertahanan nasional.

“Tidak ada komentar secara spesifik karena saya tidak tahu detailnya. Yang jelas TNI AU jadi penguasa di Halim. Sudah ada amanat undang-undang bahwa swasta boleh tapi ini kan military airport based jadi ini hak TNI, ” kata Arif yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) itu, sebagaimana dilansir indo-avation.com.

Menurut Arif, Lion Group tidak akan bisa dengan mudah mengambil alih pengelolaan Bandara Halim Perdanakusuma dan PT Angkasa Pura II. “Kita percayakan ke pemerintah dan TNI AU, karena kita yakin mereka tahu persis apa yang jadi prioritas,” katanya.

Arif mengatakan, Citilink Indonesia sudah hampir selama satu tahun ini mengoperasikan penerbangan reguler dari Bandara Halim Perdanakusuma dan sudah melayani banyak penumpang ke berbagai destinasi di Indonesia. “Citilink atas perintah dan kebijakan negara, beroperasi di Halim, kan pemerintah memberikan jalan keluar. Beberapa maskapai, mereka kan tidak sanggup,” ungkapnya.

Menurut Arif, awalnya Citilink tidak mendapatkan prioritas untuk mengoperasikan penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma. Namun, kenyataannya justru maskapai penerbangan ini yang paling siap melayani penerbangan dari bandara tersebut. “Semua tidak sanggup, Citilink urutan terbawah tapi ternyata waktu Kementerian Perhubungan menawarkan ke semua maskapai. Citilink lagi yang sanggup, dalam waktu seminggu kita siap dan beroperasi,” katanya menambahkan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY