Tekan Disparitas Harga, Kadin Indonesia Dukung Pembangunan Pusat Logistik Berikat

0
233
ilustrasi pusat logistik berikat (sentananews.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung Pusat Logistik Berikat (PLB) Cakung, Jakarta Utara. Biaya logistik bisa semakin murah berkat pembangunan proyek tersebut.

“Kita melihat itu nanti sangat positif, karena kita liat biaya logistik masih sangat tinggi. Saat ini, kurang lebih hampir 30 persen dari minimum biaya produksi,” papar Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Soesani di Jakarta, Senin (14/03/2016).

Kata Rosan, pengembangan Kawasan Ekonomi Berikat (KEB) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) juga akan sangat membantu pengusaha dalam menekan tingginya biaya logistik.

“Pengembangan KEB dan KEK memang harus dikembangkan, dan memang sebaiknya deket-deket daerah ship pantai sehingga biaya logistik makin rendah. Kalau saya setuju sekali, memang harus ditekan biaya logistik kita yang masih tinggi,” ungkap Rosan, seperti dilansir inilah.com.

Meski begitu, Rosan mengingatkan pemerintah untuk tidak melupakan pembanguan PLB di Indonesia Timur yang dinilai masih kurang. Wajarlah bila terjadi disparitas harga yang mencolok antara Indonesia sebelah barat dan timur.

“Pada saat kapal berangkat dari Jakarta ke Indonesia Timur, load factornya (muatan) kurang lebih 91 persen. Tapi, begitu balik ke Jakarta, hanya 10 persen saja. Inilah yang menyebabkan adanya perbedaan harga yang signifikan,” papar Rosan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY