Tekan Dwelling Time, Menko Maritim Rencana Bangun Dry Port di Tangerang

0
220
Cikarang Dry Port (Kontan / Muradi / tribunnews.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan berencana untuk membangun satu pelabuhan darat atau dry port sebagai perpanjangan Pelabuhan Tanjung Priok di wilayah barat. Pelabuhan darat yang akan dibangun di sekitar Tangerang ini bertujuan untuk menekan waktu bongkar muat barang atau dwelling time.

Menurutnya, dry port ini dapat mengakomodasi keberadaan Cikarang Dry Port di Bekasi, Jawa Barat. Selain itu, dry port ini juga dapat meningkatkan kapasitas pelabuhan Tanah Air.

“Kami mau bikin satu dry port lagi di sebelah barat, di Tangerang,” ujar Luhut seperti dilansir Antara, Rabu (5/10).

Luhut menegaskan, dalam kunjungannya ke Cikarang Dry Port beberapa waktu lalu, pelabuhan tersebut dapat mengakomodasi 2 juta TEUs hingga 10 juta TEUs. Apalagi, akses kereta api yang sudah tersambung sehingga kawasan dengan luas 200 hektar akan mengakomodasi tampungan tersebut.

Dengan dibangunnya pelabuhan perpanjangan di Tangerang, kata Luhut, ada peluang untuk meningkatkan kapasitas pelabuhan. “Kalau masing-masing (dry port) bisa 10 juta TEUs, di mana saat ini Pelabuhan Tanjung Priok kapasitasnya lima juta TEUs, tentu kita bisa mencapai 30 juta TEUs dalam lima atau enam tahun ke depan,” jelasnya.

Daya tampung fasilitas perpanjangan Cikarang Dry Port saat ini sekitar 60.000 TEUs – 70.000 TEUs. Namun, tambah Luhut, kapasitas tersebut tetap perlu ditingkatkan agar bisa bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan besar di regional maupun dunia.

posko-garut

“Target pertumbuhan ekonomi kita enam persen hingga tujuh persen akan membuat pertumbuhan volume perdagangan kita semakin cepat, yang membutuhkan kapasitas pelabuhan yang lebih besar lagi. Tanjung Priok yang saat ini memiliki kapasitas sekitar tiga juta TEUs kita targetkan untuk dapat dinaikkan menjadi 16 juta TEUs. Singapura sekarang kapasitasnya sekitar 32 juta,” pungkasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY