Tekan Penyelundupan, Kapolri Minta Perairan di Indonesia Diawasi Secara Intensif

0
350
Kunjungan : Kapolri Jendral Polisi Titio Karnavian (depan) didampingi Kepala Divisi Propam Mabes Polri Irjend Pol M Iriawan (dan Kapolda Riau Brigjend Pol Supriyanto usai menggelar pertemuan dengan seluruh jajaran Polda Riau di Mako Brimobda. Pekanbaru. Riau. Selasa (30/8/2016) Kapolri Riau lakukan kunjungan kerja ke Riau. ft: MHD AKHWAN/RIAUPOS

Pekanbaru – (suaracargo.com)

Maraknya kasus penyelundupan melalui pelabuhan tikus di Riau menjadi perhatian khusus Kapolri Jendera Pol Tito Karnavian.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menginstruksikan kepada seluruh jajaran Polda Riau agar mengintensifkan pengawasan kawasan perairan.

“Selain persoalan konflik sosial, disiplin anggota dan kebakaran lahan, saya minta kepada bapak Kapolda untuk memerhatikan persoalan penyelundupan,” tegas Kapolri yang dilansir Riau Pos (Jawa Pos Group), Rabu (31/8).

banner-csm-atas

Dengan tingginya pengawasan terhadap pelabuhan tikus, penyelundupan barang ilegal diharapkan bisa diminimalisir. Sehingga, bea masuk bagi negara meningkat.

Dalam penindakan terhadap persoalan itu, nantinya mantan Kepala Badan Nasional Penanggulanan Teroris (BNPT) itu akan berkoordinasi dengan kementerian terkait. Sehingga, pihak kementerian pun dapat memeperhatikan wilayah pesisir.

Menurutnya, penyelundupan marak terjadi karena wilayah pesisir tidak mendapatkan suplai barang dari dalam negeri. Sehingga, masyarakat di daerah itu terpaksa memanfaatkan barang-barang dari luar negeri secara ilegal.

Untuk menyelesaikan masalah ini, selain mengantisipasi terjadinya penyelundupan, pemerintah melalui instansi terkait dapat meningkatkan suplai barang atau logistik ke daearah-daerah yang selama ini menjadi tujuan penyelundupan.

“Jangan sampai titiknya kita tutup, tapi tidak dapat suplai barang dari dalam negeri. Masyarakat kan jadi kasian,” tandas mantan Kepala Densus 88 Antiteror tersebut.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here