Terinspirasi Kota Kuala Lumpur, Pemkot Tangerang Bangun Terminal Terintegrasi

0
320

Pemerintah Kota Tangerang hendak membangun sebuah terminal terintegrasi yang menggabungkan tujuh moda transportasi dalam satu lokasi. Rencana ini dibuat karena pihak Pemkot terinspirasi oleh Kota Kuala Lumpur, Malaysia.

“Kita melihat di Kuala Lumpur, satu terminal tetapi terdapat beberapa moda transportasi. Hal itu kita akan terapkan di terminal Poris dan telah disampaikan kepada Kemenhub untuk disetujui,” ujar Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di Tangerang, Kamis (5/2), sebagaimana dilansir jurnalmaritim.com

Arief juga mengatakan, rencana mengembangan terminal terintegrasi telah disampaikan kepada Kementrian Perhubungan. Rencana itu mendapat respon positif dan, menurut dia, Kemenhub akan membantu membuatkan jembatan yang menghubungkan antara terminal Poris Plawad dengan Stasiun Batu Ceper.

Namun, Pemkot Tangerang ingin agar terminal Poris Plawad menyatu dengan stasiun Batu Ceper. Nantinya, jalan utama Benteng Betawi akan diputar dengan membuat jalur baru. “Kita sih, inginnya agar terminal Poris Plawad menyatu langsung dengan stasiun. Nanti, jalan benteng betawi di depan terminal kita putar,” ujarnya.

Seluruh rencana tersebut, sejauh ini sudah disampaikan kepada Kemenhub dan menunggu persetujuan Menhub dan Presiden. Jika terminal terintegrasi tersebut terwujud, katanya, maka akan membantu mengatasi kemacetan di DKI Jakarta. Karena, hampir sebagian besar warga Tangerang datang ke Jakarta.

“Jadi, nanti warga tidak lagi ke Jakarta dengan bawa kendaraan pribadi tetapi kita siapkan kereta yang terintegrasi dengan stasiun lainnya,” paparnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here