Tiga Konsorsium Asing Ikut Tender Proyek Terminal 2 & 3 Pelabuhan New Priok

0
325
Ilustrasi pelabuhan di Indonesia. (sumber: Suara Pembaruan)
Ilustrasi pelabuhan di Indonesia. (sumber: Suara Pembaruan)

Sorong – (suaracargo.com)

Tiga konsorsium asing yang terdiri dari tujuh perusahaan akan berpartisipasi dalam tender proyek container terminal 2 & 3 New Priok milik PT Pelabuhan Indonesia II.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II R.J. Lino mengatakan, proses awal dari tender proyek container terminal (CT) 2 & 3 New Priok sudah berlangsung lebih dari setahun.

“Dari mulai 16 yang mendaftar. Lalu yang memasukan penawaran ada 12, kemudian sekarang tinggal tujuh perusahaan dalam tiga grup,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (16/8).

Dari tiga konsorsium tersebut, konsorsium pertama terdiri dari Mitsui & Co.Ltd. dan PSA Singapore. Konsorsium kedua adalah China Merchant Group, China Shipping Container Lines (CSCL) dan Cosco.

Sementara itu, yang tergabung di konsorsium ketiga antara lain Port of Rotterdam dengan perusahaan asal Amerika dan Taiwan.

“Tiga grup itu rencananya masuk penawaran sekitar Oktober,” ungkap Lino, seperti dilansir bisnis.com.

Berkaitan dengan pemenang, Pelindo II akan mengumumkan namanya pada akhir tahun ini. Namun, jika nantinya hanya ada satu konsorsium yang memasukan penawaran, Pelindo II terpaksa diwajibkan melakukan tender ulang.

Menurut Lino, Mitsui yang sebelumnya menang untuk proyek CT 1 New Priok masih bisa mengikuti proses tender hingga dua kali.

Proses tender untuk CT 2 dan CT 3 dilakukan secara terbuka dan proses administrasinya dilakukan secara online.

Sementara itu, Pelindo II akan melakukan soft launching CT 1 pada akhir Oktober atau awal November 2015.

Perusahaan sangat optimis mengingat konstruksi dermaga CT1 sepanjang 850 meter telah selesai hingga 95%.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here