Tiga Pelabuhan di Maluku Utara Masuk Jadi Bagian Tol Laut

0
389
ilustrasi Penyiapan Tol Laut Kapal barang curah kering "Ocean Satoko" berbendera Panama berbobot 100.000 DWT yang mengangkut biji besi turun jangkar untuk melakukan bongkar muat, di Pelabuhan PT Pelindo II Cabang Banten, di Ciwandan, Cilegon, Selasa (26/8). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Tiga Pelabuhan di Maluku Utara (Malut) yakni Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Pelabuhan Tobelo, Halmahera Utara dan Pelabuhan Babang Halmahera Selatan, masuk dalam program tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Kepala Lalu Lintas Laut Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Arifai, menuturkan kapal yang akan melayani rute ini adalah KM Caraka Jaya Niaga III.

“Kapal ini milik PT Pelni,” katanya seperti dilansir Malut Post (Grup JPNN) kemarin.

Kapal ini bertolak dari Tanjung priok ke Ternate kemudian ke Tobelo dan selanjutnya berlayar ke Labuha. Lalu, kapal ini akan balik lagi ke Tobelo, Ternate dan langsung ke Tanjung Priok.

Sebagai operator tol laut di Indonesia, PT Pelni menyediakan 6 kapal yang operasionalnya disubsidi pemerintah pusat senilai Rp 259.907.959.000. Penugasan PT Pelni berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 106 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik untuk Angkutan Barang di Laut.

“Saat ini yang baru difungsikan tiga kapal untuk melayani tol laut lainnya di Indonesia. Di Maluku Utara masih menunggu kapal KM Caraka Jaya Niaga III yang sedang dibenahi Pelni,” ungkapnya.

Dia menambahkan, program tol laut dicanangkan untuk mengurangi disparitas harga, sehingga harga barang di Jawa tidak beda jauh dengan harga di Malut.

Kepala Cabang PT Pelni Ternate Ahmad Shadikin mengatakan, sementara ini tim dari Pelni sedang mencari kapal untuk melayani tol laut ke Maluku Utara. Masalah harga barang yang dibawa lewat tol laut ini akan diatur oleh Kementerian Perdagangan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here