Tiga Pelabuhan Siap Optimalkan Ekonomi Banten

0
366

Tahun depan, tiga pelabuhan yang ada di Provinsi Banten diharapkan bakal dapat menampung pelayanan bongkar-muat sampai satu juta twenty foot equivalent units (teus) kontainer. Tiga pelabuhan tersebut diantaranya, Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Banten, Pelabuhan Krakatau Bandar Samudera (KBS) dan Pelabuhan Indah Kiat Merak.

banner-csm-atas

Kemudian, ketiga tempat itu akan disejajarkan dengan pelabuhan yang ada di Tanjung Priok. “Kami ingin, kedepannya pelabuhan di Banten bisa menciptakan perekonomian yang maju dan berkembang,” kata Nafri Dewan Pembina Keluarga Besar Maritim (KBM) Banten.

Untuk mewujudkan itu, lanjut Nafri, pelabuhan tersebut harus didukung dengan infrastruktur di laut maupun di darat. Pasalnya, di masa yang akan datang, kapal yang masuk ke Banten itu paling rendah berbobot 80.000 gross tonnage (GT) dan tertinggi 180.000 GT. Diakui oleh Nafri, mewujudkan hal tersebut itu bukan perkara mudah. Soalnya, kedatangan kapal di pelabuhan barang yang di Banten saat ini masih rendah.

“Maka dengan itu, kita mendorong pemerintah untuk melakukan perubahan di pelabuhan. Tahun depan, tiga pelabuhan itu diharapkan mampu melakukan pelayanan bongkar-muat sampai satu juta twenty foot equivalent units (teus) container,” ucapnya, sebagaimana dilansir dari penamerdeka.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here