Tingginya Biaya Logistik Hambat Daya Saing Produk Industri Indonesia

0
302
ilustrasi barang (shutterstock.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Pemerintah menjadikan industri nasional kompetitif untuk mendongkrak perekonomian. Cara meningkatan nilai kompetitif itu adalah dengan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi sehingga pemenuhan bahan baku tak diperoleh dari impor.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Industri Johnny Darmawan mengatakan, impor telah memangkas daya saing industri karena biaya logistik yang relatif tinggi.

posko-garut

“Kalau melihat gejala deindustrialisasi bagaimana mengatasinya, mudah. Semua industri harus kita pikirkan kata kuncinya kompetitif. Tidak ada kata lain produksi atau proses dalam negeri. Logistik cost mahal, part kalau impor dari luar negeri 20 sampai 30 persen,” jelas dia di Menara Kadin Kuningan Jakarta, Jumat (23/9/2016).

Johnny juga menjelaskan perlunya sinkronisasi antar lembaga supaya segala bentuk perizinan menjadi mudah. Birokrasi yang berbelit-belit membuat pengusaha enggan menanamkan modalnya.

“Roadmap punya tapi ada nggak koordinasinya. Saya banyak belajar di birokrasi itu nggak gampang karena kementerian mungkin nggak sinkron,” ujar dia, seperti dilansir liputan6.com.

Dia menambahkan, untuk mendorong daya saing industri, ada beberapa hal yang mesti dipenuhi. Di antaranya, infrastruktur seperti jalan, pelabuhan, serta kelistrikan.

Kemudian, penyediaan biaya energi murah. Sebab, mahalnya pengeluaran untuk sumber energi juga menekan kinerja industri.

“Bagaimana memikirkan bagaimana produksi kita kompetitif kalau harga gas kita salah satu termahal di dunia, kemudian listrik,” ungkap dia.

Johnny juga bilang, mesti ada upaya untuk menekan harga bahan baku industri. “Kita membuat ketersediaan dari bahan baku murah, paling gampang,” tandas dia.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here