Tingginya Curah Hujan Membuat Jasa Pengiriman Barang Tingkatkan Kewaspadaan

0
56
ilustrasi truk barang (korankaltim.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Pelaku usaha pengiriman barang diimbau memperhatikan lapisan luar penahan air agar paket yang mereka kirim tidak sampai basah dan membuat barang rusak.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia bidang Logistik Kyatmaja Lookman mengatakan, para pengemudi juga harus ekstra hati-hati dalam membawa kendaraan di saat jalan yang cenderung lebih licin.

Selain memperhatikan barang kiriman, pengemudi juga diharap tidak nekat menerobos wilayah banjir agar bisa tetap beroperasi. “Kalau mereka lewati genangan yang tinggi mobil bisa rusak,” katanya, Rabu (7/1/2018).

Kyatma menambahkan, pengusaha bisa tetap bekerja meski hujan. Operasional hanya akan tertunda jika aga genangan air yang tinggi.

Intensitas hujan yang tinggi ini, menurut Kyatmaja, juga bisa menyebabkan longsor. Truk dengan muatan besar bisa pula membuat bencana itu terjadi.

Dia menyatakan agar para pelaku usaha mengutamakan keselamatan pekerja dan barang pelanggan serta pengemudi haru s tetap waspada saat mengirim paket ke daerah yang rawan.

Selain itu, pengantar barang juga harus memahami karateristik daerah. Kyatmaja mencontohkan, Surabaya adalah daerah yang cukup sering dilanda banjir.

Lalu jalur selatan Jawa dan Sumatra yang merupakan daerah pegunungan sehingga rentan terjadi longsor.

“Kita anjurkan agar tidak nekat, biasanya kan buru-buru dan spekulatif, karena kalau sudah terjebak longsor jadi susah lagi kan,” tambahnya.

CEO PT Lookman Djaja ini melihat sampai sekarang belum ada keluhan atas tingginya curah hujan dan berharap kondisi alam tetap aman.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here