Tingginya Suku Bunga Turut Tingkatkan Biaya Logistik

0
412
Pelabuhan Batuampar, Batam (beritatrans.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Tingginya suku bunga yang ditetapkan Bank Indonesia saat ini turut berkontribusi tingginya beban biaya logistik.

Ketua Umum Indonesia National Shipowners Association (INSA) Carmelita Hatoto menilai komitmen pemerintah untuk menurunkan biaya logistik belum berbanding lurus dengan implementasi di lapangan.

“Penurunan biaya logistik hanya terkesan lip service saja selama masih ada kenaikan di sektor lain, masih saja biaya yang dihabiskan cukup besar,” ujar Carmelita, Jumat (29/1). “Penurunan biaya logistik yang direncanakan pemerintah masih memiliki sejumlah permasalahan.

Dia juga mengungkapkan perbaikan infrastruktur bukan hanya satu-satunya aspek penurunan biaya logistic tetapi penurunan biaya secara terintegrasi harus bisa dilakukan bukan hanya di sektor pelayaran tetapi juga antarkonektivitas.

“Pentingnya peningkatan infrastruktur di seluruh sektor serta peningkatan kualitas pelabuhan guna mengefisiensikan biaya logisitk, jangan tergantung dari sektor pelayaran semata tapi banyak pelaku dalam rantai pasok, baik di darat, laut, ataupun udara,” terang Carmelita yang biasa disapa Meme ini.

Tidak hanya itu, saat ini 70 persen dari bisnis perkapalan memakai nilai tukar dolar Amerika. Hal ini mengingat mayorityas komponen kapal berasal dari impor.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here