Tingkatkan Kapasitas Pelabuhan Tanjung Perak, Pelindo Keruk Sungai Kalimas

1
261
ilustrasi pelabuhan rakyat
ilustrasi pelabuhan rakyat

Surabaya – (suaracargo.com)

Sungai Kalimas yang biasa digunakan bersandar kapal rakyat akan dikeruk. Daerah sandar kapal nantinya akan bertambah hingga 400 meter dengan kedalaman hingga 5 meter.

PT Pelindo Marine Service, anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, menjadwalkan pengerukan dimulai November tahun ini dan ditargetkan selesai pada tahun ini juga. Setelah pengerukan, kedalaman alur diharapkan bisa mencapai 5 meter di bawah permukaan laut dari kondisi eksiting sekitar 2-3 meter di bawah permukaan laut.


Direktur Utama Pelindo Marine Service, M Chairoel Anwar, mengatakan bahwa sekarang kolam di Dermaga Kalimas yang bisa digunakan untuk bermanuver sekitar 600 meter. Sedangkan, tepian sungai di atas jarak tersebut tidak bisa digunakan kapal rakyat. “Makanya kami usahakan pengerukan bisa dilakukan November dan ditargetkan selesai tahun ini pula,” ujarnya.

Menurutnya, pengerukan Kalimas kali ini menggunakan excavator dengan pertimbangan efektivitas mengangkat lumpur kotor. Bila hanya menggunakan penyedot hanya lumpur bersih saja yang terangkat. Adapun material yang terangkat akan digunakan untuk menguruk lapangan di Terminal Nilam.

Kepala Humas Pelindo III Cabang Tanjung Perak Dhany Rahmat Agustian menguraikan pengerukan dan perawatan Dermaga Kalimas tahun ini dianggarkan Rp 3 miliar. Pengerukan dilakukan agar waktu keluar masuk kapal yang selama ini mengandalkan pasang surut air laut bisa teratasi.

“Hanya 3-4 jam masa pasang surut sehingga sering terlihat penumpukan kapal,” katanya. Oleh karena itu, pengerukan Kalimas hingga kedalaman 5 meter diharapkan bisa menjadikan kapal bebas keluar masuk tanpa bergantung air pasang.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone