TKBM Pelabuhan Siap Hadapi MEA 2015

0
209
Induk Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan adakan lokakarya untuk tingkatkan mutu dan profesionalisme (poskotanews.com)
Induk Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan adakan lokakarya untuk tingkatkan mutu dan profesionalisme (poskotanews.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Induk Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan siap menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015. Untuk mempersiapkan diri menghadapi era tersebut, TKBM telah memperisiapkan anggota melalui pendidikan dan latihan berbagai keterampilan.

Inkop TKBM Pelabuhan bersama-sama primer meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan produktifitas yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan dilengkapi dengan sertifikasi profesi, kata Soegito Ketua TKBM, Jumat (28/11), sebagaimana dilansir poskotanews.com.

Misi Inkop TKBM Pelabuhan yang utama adalah untuk memfasilitasi anggota memenuhi kebutuhannya dan advokasi bagi mereka yang mengalami kasus hukum dan melakukan diklat untuk meningkatkan kemampuan anggota yang dikordinasikan kepada tiga instansi pembina yakni Kementrian Perhubungan, Kementrian Tenaga Kerja dan Kementrian Koperasi dan UKM serta Pemda Tkt I dan II dimana Koperasi TKBM Pelabuhan berdomisili dari Sabang sampai Papua.

Selama 12 Tahun Inkop TKBM Pelabuhan telah membina anggota tenaga kerja bongkar muat. Para tenaga bongkar muat itu pada beberapa puluhan tahun lalu disebut buruh dan dianggap masyarakat sebagai golongan yang marginal. Namun ternyata, justeru mereka pekerja keras dan cinta akan pekerjaan yang digeluti. Bahkan, banyak anak-anak mereka yang menjadi Sarjana dan ada yang menjadi Anggota DPR.

Keberhasilan Koperasi TKBM Pelabuhan tidak lepas dari peran para pengurus dan pengawas yang amanah, jujur dan memiliki inovasi yang kuat. Koperasi TKBM harus didukung oleh anggota yang tahu akan hal dan kewajibannya sehingga koperasinya menjadi besar dan dapat dipercaya oleh mitra. Sebagai contoh, Koperasi TKBM Pelabuhan Sorong mendapat bantuan pinjaman dana lunak dari LPDB Kementrian Koperasi dan UKM sehingga memiliki usaha Forklift. Bahkan, ada pula Koperasi TKBM yang mendapat penghargaan pada Hari Nusantara dan Hari Koperasi seperti Komura di Samarinda, Tanjung Perak Surabaya dan Bitung.

TKBM selaku sekunder beranggotakan 87 Primer TKBM Pelabuhan yang pembentukan Primer TKBM Pelabuhan sejak YUKA dibubarkan tahun 1989 .

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY