TPKS Semarang Siapkan Peralatan Modern

0
228
ilustrasi: kanalsemarang.com
ilustrasi: kanalsemarang.com

Semarang – (suaracargo.com)

Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) kini sedang berupaya meningkatkan pelayanan melalui pengadaan peralatan modern ujar General Manajer TPKS Iwan Sabatini. “Kami terus meningkatkan sarana dan prasarana dengan perlengkapan modern, pada 2015 kami akan mendatangkan beberapa peralatan tambahan,” ujar Iwan seperti dikutip Antara, Selasa (30/9/2014).

Menurut Iwan, perkembangan dunia bisnis saat ini kian pesat sehingga segala sesuatunya dibutuhkan waktu yang cepat namun tepat. Iwan mengatakan juga mengatakan bahwa jika TPKS tidak mengikuti perkembangan maka akan tertinggal dari pelabuhan lain.

Sebagai salah satu upaya peningkatan pelayanan, dalam waktu dekat ini TPKS akan mewajibkan semua trailer yang masuk ke wilayahnya dilengkapi Radio Frequency Identification (RFID). “Langkah ini kami lakukan untuk lebih memaksimalkan kelancaran dalam proses bongkar muat di kawasan TPKS,” ujarnya.

Menurut Iwan, RFID wajib digunakan pada trailer yang akan mengambil peti kemas impor. Selain itu, pengemudi trailer yang akan masuk ke wilayah TPKS juga diwajibkan menggunakan ID Card, rompi, dan helm.

Pemasangan RFID dilakukan oleh TPKS tidak dikenai biaya apapun. Sejauh ini, pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi agar para pengusaha angkutan peti kemas dapat mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi. “Setelah semua persyaratan lengkap maka kami baru melakukan pendataan dan pemasangan perlengkapannya,” ujarnya.

Pihak TPKS berharap agar pertengahan tahun depan, semua trailer yang masuk ke TPKS sudah dilengkapi dengan RFID. Sementara itu, Iwan juga mengatakan bahwa pihaknya juga sedang berupaya agar para pengusaha angkutan menggunakan trailer-trailer yang layak untuk keluar masuk di TPKS.

“Ini berpengaruh terhadap kelancaran proses bongkar muat, karena kalau sampai ada yang macet atau mogok di dalam, pasti akan menghambat yang lain,” ujar Iwan menjelaskan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY