TPKS Semarang Tingkatkan Pelayanan Melalui Sinergi Antar Instansi

0
300
ilustrasi pelabuhan (beritasatu.com)
ilustrasi pelabuhan (beritasatu.com)

Semarang – (suaracargo.com)

PT Terminal Petikemas Semarang berupaya mengakselerasi logistik melalui peningkatan pelayanan dan koordincasi antarinstansi.

General Manager PT TPKS Erry Akbar Panggabean mengatakan, sebenarnya banyak cara untuk meningkatkan kualitas logistik di Indonesia. Salah satunya adalah peningkatan pelayanan melalui komunikasi. “Sekarang kami sudah ada sistem online”, katanya saat kunjungan ke kantor Perwakilan Bisnis, Senin (3/8/2015).

Seperti diberitakan sebelumnya, per 1 Juli TPKS mulai membuka layananjob order online bagi pengguna jasa container di Pelabuhan Tanjung Emas. Pelanggan bisa mengajukan permohonan pelayanan bongkar muat petikemas melalui situs resmi tpks.co.id.

TPKS menargetkan dengan upaya itu pihaknya bisa mencapai target bongkar muat (dwelling time) yang dipatok pemerintah yakni 4,7 hari. Saat ini untuk impor waktu bongkar muat yang diperlukan sekitar 5-7 hari untuk impor dan tiga hari untuk ekspor.

Manajer Operasional TPKS Edy Sulaksono menambahkan, untuk memperpendek dwelling time, TPKS tak bisa sendirian. Harus ada juga koordinasi dengan instansi lain, ungkapnya. Untuk pengurusan perizinan misalnya, TPKS harus berkoordinasi Bea Cukai.

Sebagaimana dilansir bisnis.com, Erry mengatakan bahwa cepat atau lambatnya proses bongkar muat juga sangat ditentukan oleh kepatuhan dari pengguna jasa itu sendiri. Jika semua izin dan dokumen tersedia lengkap maka proses bongkar muat pun akan kian cepat.

Sementara itu dari segi kinerja, sepanjang semester I/2015 TPKS mencatatkan kenaikan realisasi bongkar muat container sebesar 8,1% menjadi 318.246twentyfoot equivalent units(TEUs) dari 294.446 TEUs pada periode yang sama tahun lalu. Tahun ini, anak perusahaan PT Pelindo III itu ditargetkan mencapai volume bongkar muat sebesar 660.000 TEUs.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here