Transaksi di Pelabuhan Masih Gunakan Dolar, PR untuk Depkeu

0
353
Transaksi di pelabuhan masih gunakan dolar. Foto: Ilustrasi/Istimewa (sindonews.com)
Transaksi di pelabuhan masih gunakan dolar. Foto: Ilustrasi/Istimewa (sindonews.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Meskipun Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah menyelenggarakan upacara peringatan hari Oeang ke-68 pada hari Kamis (30/10) kemarin, namun, hingga saat ini tidak semua transaksi di Indonesia menggunakan rupiah. Salah satunya, transaksi di pelabuhan hingga saat ini masih menggunakan dolar sebagai alat pembayaran.

Menanggapi hal itu, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo mengakui bahwa hal ini menjadi tugas pemerintah untuk segera menuntaskan persoalan penggunaan dolar di pelabuhan. Menurutnya, penggunaan rupiah adalah hal mutlak yang harus digunakan dalam setiap transaksi di Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan demikian, itu jadi tugas pemerintah. Pemerintah, Bapak Presiden, Wapres, Menkeu seperti apa. Supaya nanti harapannya, kalau bisa semua menggunakan rupiah. Karena ini transaksi dalam negeri,” ujarnya usai menghadiri upacara Hari Oeang di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Kamis (30/10), sebagaimana dilansir Sindonews.com

Dia mengatakan, dalam peringatan Hari Oeang ke-68, pihaknya ingin mengoptimalkan peran Kemenkeu dalam mengelola keuangan negara. “Tapi itu nanti ya. Kami sebagai warga Kemenkeu ingin merayakan hari Oeang ini yang dulu diamanahkan kepada Menkeu dari pemerintah pada waktu itu, sehingga kita betul-betul mengoptimalkan peran Kemenkeu, di dalam mengelola Keuangan ini sampai ke masyarakat luas,” tandasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here