Transportasi Logistik di Indonesia Masih Andalkan Jalur Darat

0
448
ilustrasi truk barang (baktruk.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Sebagai negara kepulauan yang terdiri dari berbagai pulau-pulau dari Sabang hingga Merauke, Indonesia seharusnya memiliki konektifitas transportasi seperti darat, laut dan udara yang terhubung dengan baik. Namun, jalinan transportasi seperti itu masih belum terwujud hingga saat ini.

“Saya lihat angka statistik, kontribusi transportasi Barat dan Timur Indonesia masih jomplang. Namun, bila melihat pergunaan transportasinya, 99% masih andalkan jalan darat, dan sisanya 0,1% mengandalkan kereta api dan jalan laut,” ujar Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Roesan Roeslani dalam Rakornas Kadin Bidang Perhubungan, di Graha CIMB, Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Oleh karena itu, Roesan melanjutkan, dalam rakornas ini diharapkan Kadin perhubungan dapat memberikan masukan komprehensif. Diharapkan pula, masukan tersebut bisa dimplementasikan untuk mewujudkan transportasi yang efisien, terintegrasi dan tepercaya.

“Saya percaya kebijakan pemerintah dan pihak swasta tidak bisa berjalan sendiri. Semua harus saling beri masukan sehingga setiap kebijakan dapat beri putusan optimal nantinya untuk mewujudkan semuanya,” harap Roesan, seperti dilansir okezone.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY