Truk Bersasis Lebih Dari 7 Meter Makin Laku

0
501
New Fuso FJ2523 dengan jarak sumbu roda di atas 7 meter, salah satu model andalan KTB di segmen truk medium 6X2. (otomotif.kompas.com) Sumber : - | Author : KompasOtomotif-Donny Apriliananda
New Fuso FJ2523 dengan jarak sumbu roda di atas 7 meter, salah satu model andalan KTB di segmen truk medium 6X2. (otomotif.kompas.com)
Sumber : – | Author : KompasOtomotif-Donny Apriliananda

Medan, KompasOtomotif –

Melemahnya sektor tambang dan perkebunan membuat bisnis lain semakin hidup. Salah satu bisnis yang kini menjamur adalah bisnis logistik atau pengangkutan dan pengiriman barang. Maraknya bisnis ini menjadi berkah terhadap produsen kendaraan komersial, khususnya yang memiliki sasis panjang di atas 7 meter.

Salah satu pemain di bisnis truk yang sangat serius menggarap segmen ini adalah PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). Dalam setahun, merek ini meluncurkan dua truk ”super long”, yakni Fuso FN517 dan New Fuso FJ2523. Keduanya punya target yang sama.

Doni Maksudi, Head of Area Coordinator Truck & Bus Department KTB, membeberkan data bahwa setiap tahun segmen truk medium wheelbase di atas 7 meter Fuso terus menanjak. Dari kelas 6X2 pada 2012 menyedot penjualan 58 persen. Lalu naik menjadi 63 persen pada 2013, dan sejak Januari hingga September 2014 naik lagi sampai 65 persen.

”Konsumen sangat kritis. Bagaimana mereka bekerja efisien dengan mengangkut banyak muatan. Didukung faktor jalan yang mulai bagus. Penggunaannya di atas 60 persen untuk truk wingbox (boks bukaan samping) untuk pengangkutan barang bahkan semen,” ujar Doni, di Medan, (17/10/2014) sebagaimana dilansir kompas.com.

KTB tetap mempertahankan adanya dua varian truk bukan hanya untuk memperbesar pasar, namun juga memberikan pilihan berdasar kebutuhan dan kebiasaan. Doni optimis tidak akan ada kanibalisasi di segmen ini. Justru sebaliknya, semakin luas pilihan bagi para pengusaha yang menggunakan truk-truk tersebut.

”Karakter konsumen berbeda-beda. Ingin yang sudah biasa dengan model lama (karena suku cadang sama) bisa pakai Fuso FN517. Kalau ingin model baru, bertenaga lebih besar dan teknologi lebih canggih, ada FJ2523,” terang Doni.

Dikatakan pula bahwa pengusaha saat ini sudah memasuki generasi ke-2 dan ke-3. Perbedaan pola pikir bisa menarik pangsa pasar lebih besar karena ada dua pilihan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here