Truk Hino Perkuat Dominasi di Sektor Angkutan Niaga

0
653
Truk barang Hino (listhargaku.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Truk Hino kian kuat menancapkan dominasinya di sektor angkutan. Mereka menerobos pelabuhan dengan melakukan peremajaan truk angkutan pelabuhan lewat kerja sama dengan Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) Organda DKI.

Untuk tahap awal, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) telah menggenggam kontrak peremajaan 85 unit truk, yakni PT Iron Bird sebanyak 55 unit dan 30 unit milik PT Samudera Indonesia. Market leader medium duty truck di Indonesia itu ingin ikut menurunkan biaya logistik.

Harapannya, peremajaan truk terus berlanjut dan meluas hingga keluar Jakarta. Sehingga, armada truk di pelabuhan dapat memberi layanan prima bagi kegiatan bisnis dan membantu meningkatkan perekonomian Indonesia.

“Hino bangga bisa bekerja sama dengan Angsuspel Organda DKI untuk mendukung program pemerintah yakni menurunkan biaya logistik yang masih tinggi. Hino akan memberikan best fit product kepada anggota Angsuspel Organda DKI sehingga target biaya logistik yang rendah dapat tercapai,” kata dia dalam rilisnya, yang dilansir swa.co.id.

Saat ini, jumlah armada truk yang melayani angkutan barang maupun peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok ada lebih dari 16.000 unit. Yang paling banyak, yakni 43% berusia di atas 15 tahun. Disusul kendaraan yang berusia di atas 10 tahun sebanyak 16% dan 41% yang berusia di bawah 10 tahun.

Biaya logistik nasional masih tinggi yaitu 24% dari gross domestic product (GDP) dengan kontribusi terbesar dari transportasi darat dengan truk mencapai 48%. Moda transportasi ini adalah target utama pemerintah untuk menekan biaya logistik.

Hino memiliki beragam pilihan truk untuk angkutan pelabuhan, yaitu Hino New Generation Ranger Tractor Head dengan konfigurasi mulai dari 4×2 dengan tipe Hino New Generation Ranger FG dan SG series serta 6×2 dengan tipe Hino New Generation Ranger FM series. Pilihan tenaga pun beragam mulai dari 235 PS hingga 350 PS dan daya tarik beban 31 ton sampai 46 ton.

Pengusaha pelabuhan dapat menyesuaikan jenis truk dengan bisnis yang digeluti. Hino juga mendukung produknya dengan layanan purna jual yang prima seperti Free Service Program (FSP), dimana konsumen dapat menikmati layanan servis berkala gratis hingga 2 tahun atau 60.000 KM. Sebagai main dealer Hino di Indonesia, HMSI juga ikut memberi garansi selama 1 tahun.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here