Uji Coba Dermaga Pangkalan Bun, Kemenhub Gunakan Truk Fuso 21 Ton

0
349
PELABUHAN: Aktivitas pelayaran dan bongkar muat di Kobar saat ini sebagian besar terpusat di Pelabuhan Kumai. (FOTO: ISTIMEWA)

Kumai – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng dan Kabupaten Kobar melakukan uji coba pelabuhan Roll On Roll Off (Roro) di Kumai, Jumat (12/2). Uji coba itu sebagai persiapan pengoperasionalan Pelabuhan Roro dengan tujuan Kumai-Kendal Jawa Tengah itu.

Uji coba dilakukan dengan menggunakan truk fuso seberat 21 ton di dermaga pelabuhan. Truk seberat itu digunakan untuk mengetahui kekuatan dermaga tersebut. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kobar Petrus Rinda mengatakan, uji coba tersebut sebagai tahapan awal operasional Pelabuhan Roro.

”Tim melakukan uji dermaga Pelabuhan Roro menggunakan fuso yang diberi pemberat. Ini untuk mengetahui kekuatan dermaga yang sudah lama tidak digunakan,” kata Petrus, seperti dilansir Radar Sampit (sampit.procal.co)

Menurutnya, uji coba merupakan prosedur awal saat pengoperasionalan Pelabuhan Baru. Apalagi, dermaga pelabuhan itu banyak yang retak. ”Hasil dari uji coba, dermaga masih bagus dan laik dioperasionalkan,” katanya.

Pihaknya masih terus melakukan evaluasi agar aktivitas penyeberangan melalui Pelabuhan Roro lancar dan menjadi alternatif penyeberangan dari Kobar ke Jawa. ”Kita harapkan ke depan Pelabuhan Roro bisa aktif dan terus dilakukan aktivitas penyeberangan dengan banyak kapal. Dengan demikian, bisa terus berkembang dan manfaatnya bisa dirasakan masyarakat luas,” tandasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY