Untuk Beri Kenyamanan pada Eksportir dan Importir, Tanjung Emas Siap Tingkatkan Pelayanan

0
268
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/1/19/Pelabuhan_tg_emas.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/1/19/Pelabuhan_tg_emas.jpg

Semarang – (suaracargo.com)

Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Peningkatan pelayanan terus kami laksanakan, ini juga akan masuk pada program kerja di tahun depan,” ujar Kepala KSOP Tanjung Emas Carolus Sangaji seperti dikutip Antara, Kamis (11/12/2014).

Carolus juga mengatakan, dengan adanya peningkatan pelayanan, para eksportir maupun importir akan lebih nyaman dalam mengirimkan barang melalui pelabuhan.

Salah satu program yang mulai dilaksanakan pada tahun depan adalah penggabungan pemeriksaan barang dari instansi bea dan cukai serta dari instansi karantina. Dengan demikian, kondisi ini diharapkan bisa memanjakan para importir.

“Sebelumnya kan diperiksa secara terpisah, sehingga cukup merepotkan. Ke depan, akan kami periksa di satu tempat, jika sudah beres semua termasuk proses pemeriksaan barang melalui laboratorium baru barang boleh diambil,” katanya.

Sementara itu, mengenai peningkatan fasilitas lain, sejauh ini pihak pelabuhan sudah mengerjakan proyek pengembangan pelabuhan. Diharapkan, pengembangan fasilitas itu nantinya akan bisa menarik lebih banyak pelaku industri untuk memanfaatkan jasa pelabuhan.

“Pengembangan ini harus kami lakukan karena merupakan tuntutan pasar, saat ini laju ekspor impor semakin tinggi sehingga perlu fasilitas pengiriman yang baik dan memadai,” katanya.

Carolus juga berharap, kenaikan arus pengiriman barang tidak hanya khusus ekspor – impor tetapi juga domestik. Dengan pengiriman melalui jalur laut, kepadatan jalan raya khususnya di jalur pantura bisa dikurangi.

Mengenai tarif, pihaknya mengakui bahwa sejauh ini tarif transportasi laut masih sedikit lebih mahal dibandingkan dengan transportasi darat, yaitu ada selisih sekitar Rp1 juta.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY