Wacana Pembangunan Terminal Peti Kemas Nguter Terus Dimatangkan Pemkab Sukoharjo

0
536
Ilustrasi pelabuhan peti kemas (krjogja.com)

Sukoharjo – (suaracargo.com)

Wacana terkait pembangunan Terminal Peti Kemas Nguter terus dimatangkan Pemkab Sukoharjo. Koordinasi terus dilakukan untuk merealisasikan tempat tersebut sebagai bagian dari pusat pertumbuhan ekonomi Sukoharjo. Persiapan terakhir sedang dilakukan yaitu pemetaan lokasi untuk menentukan lahan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa mengatakan, ide pembangunan Terminal Peti Kemas Nguter di wilayah Kecamatan Nguter dari Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya merupakan sebuah terobosan bagus. Ide tersebut menggabungkan konsep pergudangan peti kemas untuk kebutuhan industri yang menggunakan jalur rel kereta api.

“Terminal peti kemas menggunakan jalur kereta api sangat langka di Indonesia. Kalau di Sukoharjo dapat direalisasikan maka bisa menjadi sebuah terobosan bagus,” ujar Agus Santosa kepada KRjogja.com, Senin (16/01/2017).

Pemkab Sukoharjo terus melakukan persiapan dengan mematangkan ide pembangunan Terminal Peti Kemas Nguter. Konsep sedang dibuat dan termasuk mencari lokasi sebagai lahan pembangunan.

Untuk pembangunan terminal itu sendiri, Pemkab Sukoharjo sudah memastikan memilih lokasi di wilayah Kecamatan Nguter. Tempat tersebut dipilih karena dekat dengan Kawasan Industri Nguter. Selain itu juga memiliki lahan kosong luas dan dekat dengan jalur rel kereta api.

Selain lahan, Pemkab Sukoharjo juga sudah memastikan menggunakan jalur rel kereta api sebagai akses Terminal Peti Kemas Nguter. Langkah tersebut diambil untuk meminimalisir terjadinya kemacetan lalu lintas apabila menggunakan jalan raya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here