Wagub 1 DPRD Sarankan Pemkab Luwu Timur Percepat Pembangunan Jalan Menuju Pelabuhan Waru-Waru

0
67
ilustrasi pembangunan infrastruktur (koran-sindo.com)

Malili – (suaracargo.com)

Wakil Ketua 1 DPRD, Muh Siddiq BM menyarankan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur mempercepat pembangunan jalan menuju Pelabuhan Waru-waru, Desa Lampia, Kecamatan Malili, Sulsel. Dikatakan, perlu ada alokasi anggaran APBD perubahan tahun 2017 untuk pembangunan jalan sepanjang empat kilometer dengan rencana anggaran Rp 20 miliar.

Menurutnya, pelabuhan tersebut adalah sumber pendapatan baru bagi Luwu Timur sehingga perlu segera dihidupkan. Selain itu, pembangunan pelabuhan adalah bentuk penjabaran terhadap visi misi Presiden RI Joko Widodo untuk tol laut di daerah.

“Kenapa kami anggap penting, karena efek domino yang ditimbulkan atas dioperasikannya pelabuhan begitu positif bagi masyarakat Luwu Timur,” kata Siddiq kepada TribunLutim.com, Rabu (27/9/2017).

Untuk itu, pemkab diharapkan tidak lagi menunda pembangunan jalan pelabuhan yang dianggap punya asas manfaaat yang jelas. Saat ini, jalan baru di betonisasi dengan lebar lima meter. Sayangnya, kendaraan besar belum bisa hilir mudik di jalan itu.

Sebelumnya, Staf Wakil Presiden RI Bidang Infrastruktur dan Investasi, Muh Abduh bersama Bupati Luwu Timur, Thorig Husler sudah melaksanakan rapat tindak lanjut pengoperasian Pelabuhan Waru-waru.

Hasilnya, peserta rapat sepakat untuk mendukung penyediaan fasilitas dengan target pembangunan fisik selesai sebelum Januari 2018. Selain jalan, juga disepakati pemasangan transmisi listrik sepanjang tujuh kilometer, pemasangan fasilitas penampungan dan penyediaan air bersih. Juga pembuatan bunker bahan bakar pelabuhan.

Konstruksi Pelabuhan Waru-waru yang sudah selesai dilakukan pada 2011 dan 2015. Konstruksi tersebut sudah mendapat izin operasi dari Kementerian Perhubungan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY