Wagub Kepri: Pembangunan Pelabuhan Berakit Masih Terkendala

0
339
Nurdin Basirun saat meninjau pelabuhan berakit Bintan (Tribun Batam / Amin)

Bintan – (suaracargo.com)

Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Nurdin Basirun meninjau kesiapan Pelabuhan Internasional Berakit di Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, Kamis (3/3/2016) siang.

Nurdin mengaku bahwa dirinya harus melakukan peninjauan agar bisa mengetahui penyebab belum beroperasinya pelabuhan tersebut hingga kini.
Padahal, pelabuhan tersebut telah dikerjakan sejak 2010 dengan anggaran yang cukup besar.

“Saya datang ingin melihat langsung kesiapan pelabuhan. Apabila ada masalah, kita cari solusinya, biar pelabuhan ini cepat berfungsi,”kata Nurdin, seperti dilansir batam.tribunnews.com.

Nurdin juga mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memastikan kapan pelabuhan tersebut bisa difungsikan. “Belum bisa dipastikan,”ujarnya.

Ketidakpastian pengoperasian pelabuhan Berakit menurut Nurdin disebabkan oleh beberapa hal.

Di antara penyebab penundaan itu adalah, pengembang masih menunggu perampungan sarana dan prasarana. Pelabuhan itu masih perlu dikeruk pasirnya karena kedalaman airnya sudah berkurang dan menjadi dangkal kembali.

Selain itu, pemerintah saat ini sedang menjajaki kerjasama dengan pihak swasta untuk menyediakan kapal sebagai alat penyeberangan.

“Sebenarnya, lebih cepat lebih bagus. Tapi kan masih ada kendala harus diberesin, kita juga perlu kerjasama dengan swasta agar mau sandarkan kapalnya di sini. Kalau mau menunggu dari gubernur, ya tidak bisalah itu, tak mungkin gubernur yang sediakan kapal,” jelasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here