Wajib Tes Alkohol Jika Hendak Masuk Pelabuhan Kupang

0
418
ilustrasi pelabuhan (jppn.com)
ilustrasi pelabuhan (jppn.com)

Kupang – (suaracargo.com)
Akses menuju PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Kupang mulai diperketat. Awalnya, penumpang hanya perlu menunjukkan tiket keberangkatan jika hendak ke dermaga Sasando dan Helong , Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namun sekarang, para penumpang harus menjalankan serangkaian proses untuk masuk ke kawasan dermaga yang dioperasikan oleh Saipem itu. Begitu masuk ke pintu gerbang, dua orang petugas keamanan berseragam langsung menghampiri. Penumpang harus mengisi buku tamu untuk menuliskan nama, asal, tujuan dan jam kedatangan berikut tanda tangan.

“Yang menarik, setelah tanda tangan, setiap orang harus menjalani tes kadar alkohol dalam tubuh. Tes itu wajib dilakukan bagi setiap orang yang masuk ke sana. Kalau dalam sehari sepuluh kali keluar masuk, maka sepuluh kali pula dia harus menjalani tes alkohol tersebut,” terang Manajer Operasi Pelindo III Iman Santoso Maruto, Rabu (4/2).

Tujuan tes alkohol ini untuk menjaga keamanan di lingkungan dermaga Pelindo Cabang Kupang, khususnya untuk para pekerja. Pasalnya, di kawasan tersebut banyak sekali barang-barang berat dan berbahaya.

Tes alkohol yang diwajibkan ini terbilang mudah dilakukan. Caranya, orang yang menjalani tes cukup meniupkan nafasnya pada sebuah alat elektronik. Alat tersebut sekilas menyerupai telepon genggam, dilengkapi dengan selang kecil sekali pakai yang disediakan oleh petugas.

“Dengan meniup alat tersebut bisa diketahui berapa kadar alkohol yang dikonsumsi seseorang pada saat tersebut. Kalau tidak mengonsumsi alkohol, maka angka yang muncul pada alat tes alkohol tersebut menunjukkan angka nol,” imbuh Iman, sebagaimana dilansir jppn.com.

Lantas bagaimana kalau ada tamu atau karyawan yang memiliki kadar alkohol pada tubuhnya? “Kalau ada kadar alkohol seberapa pun kecilnya, pasti kami tolak untuk masuk. Ini sudah merupakan ketentuan. Protapnya memang demikian. Tidak boleh lagi ada tawar-menawar,” tegas Iman.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here