Wapres Kaji 6 Alternatif Lokasi Pengganti Cilamaya

0
326
lokasi Pelabuhan Cilamaya (kompas.com)
lokasi Pelabuhan Cilamaya (kompas.com)

Bandung – (suaracargo.com)

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, mengkaji enam lokasi pengganti proyek pelabuhan Cilamaya yang gagal dikerjakan. “Sudah dimulai ke arah timur enam opsi. Dulu sejak survei lama, memang ada enam daerah yang bisa menjadi pelabuhan khusus di Jawa Barat untuk melayani industri,” kata JK di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (13/4/2015).

JK menjelaskan, enam lokasi tersebut tidak akan jauh dari proyek lama. Selain itu, enam lokasi pengganti tersebut juga tidak akan jauh dari kawasan industri di Jawa Barat seperti Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang dan Kabupaten serta Kota Bekasi. “Kita survei lokasi terdekat di situ,” ucapnya, sebagaimana dilansir kompas.com.

Meski demikian, JK belum mau menyebutkan lokasi-lokasi yang dimaksud tersebut. Dikhawatirkan, bila segera diumumkan, nanti terjadi permainan harga tanah. “Nanti saja diumumkan, takutnya harga tanah naik di situ,” tandasnya.

Sebelum kajian itu dilakukan, telah ramai diberitakan bahwa JK memutuskan proyek pembangunan Cilamaya dibatalkan. Ia memutuskan pelabuhan digeser ke arah timur. Keputusan itu diambil setelah rapat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago di di Kantor Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (2/4/2015).

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here