Warga Tanjung Solok Berharap Ada Pembangunan Pelabuhan Apung

0
77
Pelabuhan yang ada di Kelurahan Tanjung Solok, hanya berupa tangga sederhana yang terbuat dari kayu. (Tribun Jambi / Zulkifli)

Muarasabak – (suaracargo.com)

Warga kelurahan Tanjung Solok, Kecamatan Kuala Jambi kecamatan Tanjung Jabung Timur, berharap pemerintah membangun pelabuhan apung untuk mempermudah naik turunnya warga yang menggunakan transportasi air.

Saat ini pelabuhan yang ada di Kelurahan Tanjung Solok, hanya berupa tangga sederhana yang terbuat dari kayu. Para penumpang transportasi air yang singgah maupun berangkat dari Tanjung Solok harus bersusah payah memanjat tangga yang tingginya mencapai delapan meter apabila saat air laut surut.

Pantauan Tribunjambi.com, di lapangan tampak kondisi pelabuhan itu sangat memprihatinkan, padahal pelabuhan itu sangat dibutuhkan masyarakat. Sebagian masyarakat setempat masih mengandalkan jasa transportasi laut untuk menuju ke daerah lain, seperti ke Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat.

Harun (31) satu di antara warga Tanjung Solok, mengungkapkan, sejak dulu warga di sana hanya menggunakan jembatan yang dibuat seadanya untuk naik turun ke transportasi air.

“Belum pernah dibangun bangun bang, sejak dulu belum pernah dibangun Pelabuhan apung di sini, padahal kami sangat membutuhkan itu, pelabuhan yang baik hanya ada di kelurahan kampung laut, dan lumayan jauh dari sini,” kata Harun kepada Tribunjambi.com pada Minggu (22/4).

Harun juga mengatakan bahwa ia terkadang kasihan melihat para penumpang yang harus memanjat tangga pelabuhan yang sangat tinggi apalagi saat air laut surut.

“Belum lagi kali ada bawa barang dan anak-anak kan kasian sekali kalau sampai terjatuh,” ujarnya.

Dia berharap agar Pemerintah segera membangungkan pelabuhan apung di sana. Menurutnya Pelabuhan apung dinilai sangat cocok di sana, dengan kondisi air yang pasang surut.

“Kami berharap dibangunkan pelabuhan apunglah. Kalau pelabuhan apungkan masyarakat jadi enak naik turunnya, saat air pasang tangga akan naik, dan pas air surut turun lagi namun tangganya tak begitu curam,” pungkas Harun.

Penulis: Zulkifli
Editor: M. Nahar
Sumber: Tribun Jambi

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here